Kecantikan

17 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang bisa Anda praktekkan langsung di rumah. Beberapa diantaranya bisa menggunakan lidah buaya, sari tomat, teh hijau, dan masih banyak lainnya.

Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan flek hitam di kulit secara permanen. Tak hanya pada wajah, flek fitam juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh seperti lengan, dada, dan masih banyak lainnya.

Munculnya flek hitam diwajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun faktor yang paling utama adalah paparan sinar matahari berlebih. Namun kondisi tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Mmenghilangkan flek hitam di wajah bisa menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti lidah buaya, sari tomat, teh hijau, masker madu, masker lemon dan yogurt, dan masih banyak yang lainnya.

Masker Wajah Sebagai Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan di rumah untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami:

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki efek mendinginkan dan menenangkan di kulit yang dapat merileksasi dan membantu meredakan peradangan pada kulit.

Mengandung senyawa aloin yang memiliki banyak khasiat untuk kulit. Senyawa tersebut membantu mencerahkan kulit yang terkena hiperpigmentasi dan dapat menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara pemakaiannya cukup mudah, oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena flek atau bintik hitam dan diamkan beberapa waktu. Setelah itu bilas sampai bersih.

Sari Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang berfungsi melindungi dan mencerahkan kulit. Kandungan likopen ini dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV.

BACA JUGA:  Yuk Glow Up! 5 Cara Memulai Hidup Sehat Agar Kulit Bercahaya

Cara penggunaannya, Anda hancurkan tomat sampai keluar sari-sarinya. Setelah itu, oleskan ke wajah sampai merata dan tunggu hingga mengering lalu bilas sampai bersih.

Teh Hijau

Penggunaan teh hijau secara rutin dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi timbulnya flek hitam. Teh hijau mengandung sifat depigmentasi yang membuat kulit menjadi lebih cerah.

Anda bisa menggunakan air rebusan teh untuk dioleskan ke wajah, mirip seperti menggunakan masker dan tunggu mengering lalu bilas. Gunakan pelembab untuk efek yang lebih maksimal.

Masker Madu

Penggunaan masker madu untuk mengatasi flek hitam di wajah yang membandel terbukti sangat bagus dan sangat efektif.

Mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mencerahkan kulit dan meredakan peradangan.

Untuk membuat masker madu cukup mudah, cukup campurkan dengan yogurt atau tepung beras. Aduk hingga rata, dan oleskan ke kulit yang terkena flek hitam.

Tunggu 3-5 menit hingga mengering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Masker Lemon dan Yogurt

Lemon dan yogurt dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara efektif.

Asam laktat dalam yogurt memiliki efek mencerahkan kulit. Sedangkan vitamin C pada lemon membantu mengurangi pigmentasi.

Untuk membuat masker cukup mudah, campur kedua bahan dengan tepung garam hingga berbentuk pasta. Oleskan ke area wajah dan biarkan 30 menit, lalu bilas.

Minyak Kelapa

Mengandung asam lemak dan vitamin E yang membantu melembabkan kulit dan meratakan warna kulit.

Sebagai pelembab alami, minyak kelapa sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami.

Kamu bisa mengoleskannya ke wajah dengan menggunakan kuas, dan tunggu beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Pepaya

Mengandung enzim papain yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kamu bisa menggunakan papaya sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dan Penyebabnya

Siapkan papaya yang sudah matang dan haluskan. Setelah itu oleskan ke wajah dan tunggu beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Masker Kunyit

Mengandung zat kurkumin yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bagus untuk mengobati flek hitam di wajah.

Gunakan kunyit sebagai masker dan campurkan dengan madu. Oleskan ke wajah dan tunggu hingga kering kurang lebih 10-15 menit.

Susu

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami selanjutnya adalah menggunakan susu. Asam laktat pada susu dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu merendam bola kapas ke dalam susu dan oleskan ke seluruh wajah, lalu tunggu 20-30 menit.

Setelah itu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya rutin setiap hari sebanyak 1-2 kali.

Pisang

Pisang mengandung retinol dan vitamin A yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel.

Anda bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah dengan menghaluskannya. Oleskan pisang yang sudah halus ke wajah dan tunggu beberapa saat hingga kering.

Setelah itu bilas menggunakan air bersih yang mengalir. Gunakan secara rutin, untuk mengangkat flek yang membandel.

Putih Telur

Putih telur bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan flek hitam. Kandungan enzim lysosome dapat mengangkat debu dan sel kulit mati yang mampu mencerahkan kulit wajah.

Kocok putih telur yang sudah disiapkan hingga mengembang. Oles ke bagian wajah yang terdapat flek hitam, biarkan 10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu mengatasi flek hitam dan jerawat membandel.

Senyawa tersebut juga sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih halus.

BACA JUGA:  14 Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Hitam agar Kulit Bersinar

Cara pemakaiannya cukup siapkan 2-3 jeruk nipis dan belah menjadi 2 bagian. Peras dan saring, setelah itu oleskan pada wajah. Biarkan 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

Mentimun

Mentimun dipercaya memiliki kandungan yang secara ampuh menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat. Sayuran yang satu ini memiliki manfaat mampu mengangkat sel kulit mati, mendinginkan, dan melembapkan kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, parut mentimun yang sudah dicuci. Tempelkan parutan timun ke bagian yang terkena flek hitam, lalu biarkan 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Kentang

Kandungan zat tepung dan enzim dalam kentang memiliki manfaat untuk mengurangi pigmentasi pada kulit wajah.

Potong kentang tipis-tipis dan letakkan ke kulit yang mengalami flek hitam. Diamkan beberapa menit, setelah itu cuci muka hingga bersih.

Oatmeal

Oatmeal sangat cocok untuk untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Memiliki kandungan sapoin dapat mengangkat sel kuli mati dan mencerahkan kulit wajah.

Haluskan oatmeal dan campur dengan perasan lemon atau madu. Oleskan pada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah itu bilas hingga bersih.

Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada kulit, termasuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Caranya cukup haluskan bawang merah dan tambahkan sedikit madu. Oleskan ke wajah dan diamkan 20 menit. Bilas hingga bersih.

Namun, penggunaan bawang putih sebagai masker harus berhati-hati karena dapat menimbulkan rasa perih.

Kayu Cendana

Kandungan minyak pada kayu cendana mampu membersihkan flek pada kulit wajah dan membuat wajah tampak lebih segar dan berseri-seri.

Larutkan bubuk kayu cendana dan campur dengan 1 sendok makan gliserin dan 3 sendok madu. Oleskan pada wajah yang terkena flek hitam. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Demikian adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah. Bila flek tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter atau ahli spesialis.

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *