Kecantikan

7 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Agar Lebih Cerah

Punya wajah berminyak dan kusam bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang.  Minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan kilau yang tidak diinginkan, serta menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Sementara kusam membuat wajah terlihat lelah dan tidak sehat. Wajah yang kusam dan berminyak juga dapat membuat seseorang tidak tampil percaya diri, apalagi jika profesinya yang berjumpa dengan banyak orang.

Selain itu, penyebab wajah kusam dan berminyak juga sangat beragam mulai dari faktor makanan, gaya hidup, dan faktor dari luar seperti polusi dan debu di udara.

Tapi tenang, ada beberapa cara mengatasi wajah berminyak dan kusam yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kembali wajah yang cerah dan berseri!

7 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Secara Alami

Berikut ini Ayu Sehat merangkum 7 cara alami dalam mengatasi wajah berminyak dan kusam agar lebih cerah dan segar kembali. Simak penjelasannya:

7 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Agar Lebih Cerah
7 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Agar Lebih Cerah

1. Cuci Muka Secara Rutin

Ini adalah langkah dasar yang penting untuk menjaga kebersihan wajah dan mengontrol minyak. Cuci muka 2 kali sehari, pagi dan malam hari, menggunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas sabun.  Hindari mencuci muka terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit Anda.

2. Jadwalkan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, sehingga wajah tampak lebih cerah dan minyak berlebih dapat terserap dengan baik. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu menggunakan scrub wajah yang lembut atau produk eksfoliasi kimiawi (chemical exfoliant) yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids).

BACA JUGA:  Dijamin Ampuh Atasi Iritasi Kulit Wajah! Ini Caranya

3. Gunakan Toner agar Wajah Berminyak dan Kusam Hilang

Toner membantu menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka dan mengangkat sisa kotoran yang mungkin tertinggal. Pilih toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan yang menyegarkan dan mengontrol minyak, seperti witch hazel atau tea tree oil.

4. Masker Khusus untuk Wajah Berminyak dan Kusam

Masker wajah dapat menjadi perawatan tambahan yang efektif untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam. Gunakan masker tanah liat (clay mask) yang dapat menyerap minyak berlebih atau masker mencerahkan (brightening mask) yang mengandung vitamin C atau niacinamide untuk membantu mencerahkan kulit. Gunakan masker 1-2 kali seminggu.

5. Pelembap! Jangan Lupakan!

Meskipun wajah Anda berminyak, penggunaan pelembap tetap penting. Pilih pelembap yang ringan dan bebas minyak (oil-free) untuk menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa menambah minyak.  Pelembap yang baik akan membantu kulit memproduksi minyak secara seimbang.

6. Perhatikan Kebiasaan Sehari-hari

Selain perawatan wajah, beberapa kebiasaan sehari-hari juga dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda.  Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Kurangi konsumsi makanan berminyak dan manis.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Kelola stres.
  • Jangan menyentuh wajah terlalu sering.
  • Gunakan handphone dengan bersih dan hindari menempelkannya langsung ke wajah.
  • Gunakan kosmetik non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori.
  • Jangan lupa untuk membersihkan kuas makeup secara teratur.

7. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara mengatasi wajah berminyak dan kusam namun tidak membuahkan hasil, atau wajah Anda berjerawat parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

 

Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, Anda bisa mengatasi wajah berminyak dan kusam dan mendapatkan kembali wajah yang sehat dan berseri!

BACA JUGA:  Cara Agar Wajah Tidak Kusam dan Berminyak Secara Alami

Alvino

Saya adalah seorang pembelajar yang bersemangat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri SEO dan digital marketing dalam kurun waktu 7 tahun.

Alvino has 37 posts and counting. See all posts by Alvino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *