Keluarga

Manfaat, Efek Samping Susu Soya untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Susu soya atau susu kedelai memiliki kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Mengonsumsi susu soya secara rutin dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya sebagai salah satu sumber protein tubuh, mencegah anemia, membantu mengontrol gula darah, dan yang lainnya.

Namun, mengonsumsinya secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping, seperti mengganggu penyerapan mineral, menurunkan kolesterol baik, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Susu Soya Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Saat hamil dan menyusui, ibu harus senantiasa menjaga asupan nutrisinya agar manfaat susu kedelai juga dapat dirasakan oleh sang bayi. Selain untuk dirinya sendiri, bayi dalam kandungannya juga membutuhkan banyak nutrisi.

Manfaat Susu Soya atau Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain dikenal dengan proteinnya, kandungan gizi pada susu soya memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan menyusui, berikut diantaranya:

Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang kompleks seperti asam folat, vitamin A, protein, dan lemak sangat penting untuk tumbuh kembang bayi baik dalam kandungan atau sudah lahir.

Asam folat sangat berguna untuk membantu perkembangan saraf dan otak janin. Kebutuhan asam folat juga dapat menghindarkan janin dari kelainan bawaan atau cacat.

BACA JUGA:  14 Manfaat Susu Soya Sebagai Pengganti Susu Sapi

Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat

Selama kehamilan, tidak jarang ibu ngidam makanan yang kurang sehat, seperti makanan siap saji, atau makanan yang mengandung kolesterol jahat.

Susu Kedelai dapat membantu ibu hamil dalam mengurangi penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh. Juga membantu menjaga berat badan dan mensuplai cadangan lemak baik di tubuh dan bayi dalam kandungan.

Sebagai Sumber Serat

Ibu hamil dan menyusui sering sekali mengalami gangguan dalam masalah pencernaan diakibatkan oleh kekurangan serat dalam tubuh.

Susu soya memiliki kandungan serat yang dapat mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko komplikasi.

Sumber Protein Nabati

Manfaat susu kedelai lainnya adalah sebagai sumber protein nabati yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Kandungan protein pada kedelai berfungsi sebagai pembentukan jaringan tubuh serta otak bayi, dan menghindari risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Selain itu, protein juga membantu dalam perkembangan rahim dan payudara untuk persiapan mennghadapi persalinan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu soya bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu selama hamil untuk melawan virus dan penyakit.

Selain itu, kandungan dalam susu kedelai sangat bagus untuk ibu hamil dan memberikan energi pada tubuh.

Susu Kedelai Dapat Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B12 dalam kedelai membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Ibu hamil sangat rentan terkena anemia, kondisi ini tidak dapat disepelekan karena dapat memicu bayi lahir dengan berat badan rendah, prematur, hingga kematian pada janin.

Membantu Mencukupi Kebutuhan Vitamin Ibu dan Janin

Susu soya kaya akan vitamin A yang membantu perkembangan mata, kulit, tulang dan organ-organ lainnya yang mendukung dalam daya tahan tubuh.

BACA JUGA:  Tips Parenting yang Membuat Anak Lebih Sukses dan Bahagia

Selain vitamin A, kedelai juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan membantu memelihara jaringan saraf ibu dan janin.

Kandungan vitamin D dan kalsium pada kedelai juga membantu dan memperkuat jaringan tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

Meningkatkan Produksi ASI Pada Ibu Menyusui

Mengkonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat mempengaruhi hormon prolaktin, untuk memproduksi ASI. Namun, pengaruhnya dapat berbeda-beda di setiap individu.

Efek Samping Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan menyusui, bukan berarti susu kedelai tidak memiliki efek samping.

Efek samping susu soya biasanya terjadi terjadi apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Berikut beberapa efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi susu kedelai bagi ibu hamil:

Mengganggu Penyerapan Mineral Penting untuk Tumbuh Kembang Janin

Kandungan asam fitat dalam kedelai menghalangi penyerapan mineral penting yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin.

Asam fitat sebenarnya baik untuk tubuh karena dapat mengurangi penyerapan mineral atau logam berbahaya.

Namun, kandungan ini juga menghalangi penyerapan mineral yang dibutuhkan oleh janin, seperti kalsium, zync, zat besi, dan mineral esensial lainnya.

Menurunkan Kolesterol Baik yang Penting Selama Kehamilan

Susu kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah, hal ini dapat menjadi gangguan ketika mengonsumsinya secara berlebihan.

Tubuh ibu semasa hamil memerlukan kandungan kolesterol baik, apabila terjadi penurunan maka pembentukan vitamin D, dan hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron juga terganggu.

Terjadi Gangguan Sistem Reproduksi pada Janin

Kandungan isoflavon pada susu soya jika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan resiko kelainan pada organ vital atau sistem reproduksi janin.

BACA JUGA:  Asam Folat untuk Ibu Hamil : Rahasia Kesehatan Ibu dan Bayi

Susu kedelai juga memiliki kandungan fitoestrogen yang bekerja serupa dengan hormon estrogen dalam tubuh.

Pada janin laki-laki, kelebihan estrogen dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan fungsi reproduksi dan sulit mendapat keturunan.

Sementara pada janin perempuan, kandungan isoflavon berlebih dapat meningkatkan resiko pubertas dini pada janin.

Dapat Menimbulkan Alergi

Susu soya dapat menyebabkan reaksi alergi. Alergi susu kedelai merupakan respon daya tahan tubuh terhadap protein kedelai.

Gejala alergi bisa berupa ruam kemerahan pada kulit, gatal hingga sesak nafas dan pembengkakan pada wajah dan tenggorokan.

Selain menimbulkan efek samping pada ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping susu kedelai pada bayi.

Susu soya atau susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, tetap konsultasikan ke dokter atau ahli spesialis untuk takaran yang diperlukan dalam mengkonsumsinya agar tidak berlebihan.

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *