Kesehatan

14 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

Obat asam lambung tradisional bisa menjadi alternatif yang sangat bagus ketika penyakit asam lambung atau GERD kambuh. Selain mengonsumsi obat medis, obat tradisional bisa menjadi alternatif meredakan penyakit lambung Anda.

Banyak jenis obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi GERD, beberapa diantaranya seperti madu, serai, daun mint, dan beberapa makanan yang kaya akan serat.

Makanan yang kaya serat mampu mencegah gejala refluks lambung yang naik ke kerongkongan, sehingga menghindarkan dari gejala nyeri di dada.

Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

Banyak sekali rekomendasi obat medis untuk penyakit GERD, salah satunya yang paling umum adalah antasida. Namun, obat alami bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan asam lambung.

Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

Berikut adalah beberapa obat asam lambung tradisional yang bisa Anda coba dirumah:

1. Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang memiliki sejuta manfaat. Terdapat studi yang membuktikan bahwa madu efektif untuk menurunkan asam lambung.

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat madu menjadi salah satu obat herbal yang bagus untuk mencegah terjadinya heartburn akibat refluks lambung.

Beberapa manfaat lainnya adalah madu melindungi lapisan dinding lambung, dan mengurangi peradangan pada kerongkongan.

2. Lidah Buaya

Selain dipercaya mampu mengobati iritasi kulit pada wajah, lidah buaya ternyata mampu meredakan gejala-gejala penyakit asam lambung.

Anda bisa mengonsumsinya dengan menjadikannya jus atau langsung memakannya dengan menambahkan madu dan jenis buah yang lain.

BACA JUGA:  Waspada! Penyebab Telat Haid Ini Tidak Boleh Dihiraukan!

Kandungan air dan zat alkali yang tinggi membantu menurunkan asam pada lambung dan mencegah terjadinya refluks.

3. Serai

Serai merupakan obat alami tradisional yang sudah dipercaya sejak lama untuk meredakan penyakit asam lambung.

Sereh mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik, seperti antioksidan, seng, vitamin A dan C, magnesium, selenium, dan zat besi.

4. Kunyit

Menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang bisa meredakan gejala penyakit asam lambung. Kandungan polifenol dalam kunyit berfungsi meredakan peradangan.

Mengandung senyawa karminatif yang membantu mengurangi pembentukan gas berlebih dalam pencernaan.

5. Daun Mint

Obat tradisional untuk asam lambung lainnya adalah daun mint. Dalam banyak penelitian telah dibuktikan daun mint dapat meredakan gangguan pencernaan.

Daun mint juga dapat melemaskan otot di kerongkongan sehingga dapat mencegah terjadinya refluks lambung.

6. Daun Kemangi

Selain dibuat lalapan, ternyata daun kemangi juga bagus digunakan untuk asam lambung. Daun kemangi dipercaya bermanfaat untuk menjaga imunitas dan baik untuk lambung.

Rebus 3-4 daun mint dengan sedikit air tanpa dicampur bahan apapun. Minum lah selagi hangat.

7. Jahe Merah

Sama dengan kunyit, jahe merah juga mempunyai banyak khasiat yang salah satunya baik untuk asam lambung.

Jahe merah merupakan salah satu obat tradisional yang bersifat gastroprotektif, yang dapat menekan infeksi bakteri penyebab asam lambung (Helicobacter Pylori).

Rempah yang satu ini juga mampu mencegah luka pada dinding lambung akibat terjadinya infeksi berkepanjangan.

8. Akar Manis

Salah satu obat alami tradisional yang menjadi rekomendasi untuk penyakit asam lambung adalah akar manis.

Obat herbal ini sudah sejak lama dipercaya sebagai obat maag alami. Memiliki efek untuk membantu menahan asam pada lambung agar tidak naik ke kerongkongan dan meredakan peradangan.

BACA JUGA:  Rahasia Sejuta Manfaat Susu Soya untuk Semua Kalangan

9. Teh Adas

Tanaman herbal untuk asam lambung selanjutnya adalah teh adas. Berasal dari tanaman adas dan banyak di gunakan sebagai teh.

Tanaman herbal yang satu ini mampu mencegah terjadinya refluks lambung, bahkan dapat mengobati sembelit dan melancarkan pencernaan.

10. Cengkeh

Selain kunyit, cengkeh juga mengandung senyawa karminatif yang dapat mengurangi pembentukan gas berlebih di pencernaan.

Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk menurunkan kontraksi pada saluran pencernaan yang menyebabkan GERD.

11. Teh Hijau

Mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan terjadinya infeksi pada lambung dan mampu menurunkan asam berlebih pada lambung.

Anda cukup menyeduhnya seperti membuat teh biasa, supaya lebih sehat Anda bisa menambahkan madu untuk pemanis alami.

12. Kurma

Buah yang identik dengan makanan di bulan Ramadan ini ternyata berkhasiat sebagai ramuan herbal untuk penyakit asam lambung.

Kurma memiliki sifat basa yang dapat menetralkan asam pada lambung, sehingga terjadi keseimbangan kandungan asam dalam lambung.

Anda hanya perlu menggunakan kurma sebagai infused water dengan mencampurkannya ke air matang dan diamkan semalam. Minuman ini merupakan favorit Rasulullah.

13. Teh Chamomile

Banyak studi yang membuktikan, teh chamomile dapat secara efektif menurunkan kadar asam di dalam lambung.

14. Cuka Apel

Rasa asam dalam cuka apel justru membuatnya sebagai salah satu obat alami untuk penyakit asam lambung.

Probiotik yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung dan mengatasi penyakit asam lambung kronis.

Namun, perlu konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan ini. Sama seperti jahe, pada sebagian orang mengonsumsi ramuan cuka apel justru akan memperparah sakit lambung.

Itulah 14 obat asam lambung tradisional paling ampuh yang dapat Anda coba dirumah. Pastikan terus berkonsultasi dengan dokter atau spesialis apabila gejala belum mereda.

BACA JUGA:  Jari Tangan Sakit Saat Main Game? Waspadai Penyakit Berikut!

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *