Kesehatan

18 Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Asam Lambung

Rasa mual menjadi salah satu gejala naiknya asam lambung atau gerd. Terdapat beberapa cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami dan mudah.

Mual yang disebabkan oleh naiknya asam pada lambung dapat terjadi karena beragam situasi, seperti stres, atau mengkonsumsi makan-makanan yang dilarang untuk penderita GERD.

Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Asam Lambung dengan Mudah dan Alami

Mual yang dirasakan saat asam naik pada lambung sering kali sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, hal ini harus segera di atasi.

18 Cara Menghilangkan Rasa Mual Karena Asam Lambung

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang bisa Anda coba:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengatasi rasa mual akibat asam lambung naik. Ketika produksi asam pada lambung meningkat, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengencerkan asam pada lambung dan meredakan rasa mual.

Selain itu, menjaga kadar air dalam tubuh juga dapat membantu mengatasi mual yang berkepanjangan. Hal ini karena, dehidrasi dapat memicu naiknya asam pada lambung dan menyebabkan mual berkepanjangan.

BACA JUGA:  14 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

2. Hindari Makanan yang Dapat Memicu Asam Lambung

Hindari makanan pemicu asam lambung, seperti makanan pedas, asam, makanan berminyak dan berlemak, kafein, dan alkohol.

Makanan yang banyak mengandung lemak dan berminyak membuat proses pengosongan pada lambung menjadi lambat. Bagi penderita gerd, kondisi ini dapat memicu cairan asam pada lambung naik dan membuat mual.

Mengkonsumsi alkohol dan kafein juga dapat memperburuk gejala mual akibat asalam lambung.

3. Makan dengan Porsi Kecil dan Sering

Ketika Anda mengalami rasa mual yang disebabkan oleh maag atau gerd, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak atau berlebihan. Makan dengan porsi besar justru dapat memperburuk gejala mual karena asam lambung,

Disarankan untuk penderita maag dan gerd agar mengkonsumsi dengan porsi kecil, namun sering setidaknya 5-6 kali sehari supaya tidak membebani pencernaan.

4. Makan dengan Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan dapat mengurangi beban pencernaan untuk mencerna makanan dan mengurangi rasa mual.

Makan dengan terburu-buru bisa menyebabkan ada terlalu banyak gas yang masuk ke saluran pencernaan, dan dapat memperburuk kondisi lambung. Kondisi ini dapat memicu rasa mual akibat maag atau gerd.

5. Hindari Berbaring atau Tidur Setelah Makan

Berbaring setelah makan dapat menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan heartburn dan mual.

Tunggulah beberapa saat, setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk tidur atau berbaring. Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti menonton tv, main game, atau aktivitas lainnya.

6. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Ketika Anda merasakan mual akibat maag atau gerd, Anda bisa mengatasinya dengan meninggikan posisi kepala saat tidur. Gunakan bantal, atau guling agar posisi kepala lebih tinggi daripada badan.

BACA JUGA:  Asam Lambung Picu Penyakit Jantung, Faktanya?

Posisi kepala dan badan yang sejajar, dapat membuat asam lambung yang naik menjadi lebih mudah naik ke kerongkongan, hal ini dapat memperburuk risiko terkena heartburn dan rasa mual.

7. Konsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan rasa mual saat asam lambung naik.

Kandungan senyawa gingeol dan shogaol pada jahe diketahui memiliki efek antiemetik yang dapat meredakan mual secara alami.

Caranya cukup gampang, rebus jahe di air mendidih selama 5-8 menit. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon kedalam air rebusan jahe.

8. Konsumsi Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung

Konsumsilah makanan atau minuman yang dianjurkan untuk penderita maag atau gerd, seperti teh chamomile, pisang, dan masih banyak lagi. Jangan konsumsi makanan yang menjadi pantangan untuk penderita asam lambung.

9. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan produksi air liur, yang membantu menetralkan asam lambung dan meredakan mual.

10. Minum Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan yang kaya akan elektrolit yang dapat membantu tubuh terhidrasi dan meredakan mual.

11. Kompres Hangat

Kompres perut dengan air hangat dapat membantu meredakan mual dan sakit perut akibat asam lambung. Gunakan handuk hangat atau botol air panas yang dibungkus handuk, lalu tempelkan ke perut.

12. Istirahat yang Cukup

Kelelahan dapat memperburuk gejala maag dan gerd. Pastikan istirahat yang cukup untuk menstabilkan fungsi tubuh dan lambung.

13. Mengelola Stres

Stres dapat memicu asam lambung yang berujung mengakibatkan mual. Lakukan aktivitas yang dapat membantu mengelola stres, seperti yoga, meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai.

14. Hindari Merokok

Merokok dapat memperburuk gejala maag dan gerd. Cobalah untuk berhenti merokok untuk membantu meredakan rasa mual dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

BACA JUGA:  Manfaat Madu untuk Asam Lambung Beserta Efek Sampingnya

15. Hindari Minuman Bersoda dan Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada perut dan memicu mual. Hindari minuman bersoda, jus kemasan, atau minuman berkarbonasi lainnya.

16. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menyeimbangkan flora usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi suplemen probiotik atau makanan yang kaya probiotik, seperti yogurt.

17. Hindari Mengonsumsi Susu Berlebihan

Mengonsumsi susu secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam pada lambung dan memperburuk rasa mual. Hal ini karena, susu sapi kaya akan lemak yang dapat membuat sulit dicerna dan bikin mual semakin parah.

18. Konsumsi Obat-Obatan

Konsumsi obat-obatan apabila gejala mual yang disebabkan asam lambung tidak juga mereda. Konsultasikan kepada dokter untuk rekomendasi obat-obatan yang dapat mengurangi gejala yang Anda rasakan.

Demikian adalah beberapa cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung dengan mudah, cepat, dan alami. Konsultasikan kepada dokter apabila kondisi tidak kunjung membaik.

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *