Kesehatan

Jangan Remehin! Nyeri Tumit Kaki Bisa Jadi Masalah Serius

Sering merasakan nyeri tumit kaki jangan sampai di abaikan. Hal ini bisa menjadi masalah kesehatan serius salah satunya terkena sakit tumit bernama plantar fasciitis.

Nyeri tumit pada kaki merupakan masalah umum yang dapat dialami oleh siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasa sakitnya bisa terasa di bagian bawah tumit, telapak kaki, atau bahkan menjalar ke pergelangan kaki.

Meskipun terkesan sepele, nyeri tumit di kaki tidak boleh diabaikan. Pasalnya, hal ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Apabila Anda sering mengalami rasa sakit ini segera periksakan diri ke dokter atau bisa juga membeli obat apotik untuk nyeri tumit agar segera teratasi.

Selain itu terdapat pula pantangan makanan untuk sakit tumit agar rasa nyeri berkurang. Adapun makanan yang harus dihindari yaitu yang mengandung tinggi natrium atau garam, tinggi karbohidrat, makanan olahan, dan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Gejala penyakit ini juga beragam, salah satunya tumit kaki sakit saat bangun tidur. Jika Anda mengalami gejala ini mungkin menjadi permasalahan serius yang harus segera ditangani.

 

Penyebab Nyeri Tumit Kaki

Ada berbagai macam penyebab nyeri tumit kaki yang harus Anda waspadai, di antaranya:

Nyeri Tumit Kaki

Plantar fasciitis

Plantar fasciitis ini merupakan penyebab nyeri tumit kaki yang terjadi peradangan pada jaringan ikat yang menopang lengkungan kaki.

BACA JUGA:  10 Cara Menghilangkan Lemak di Perut secara Alami dan Cepat

Penyebab penyakit ini masih belum diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini kerap kali dialami oleh pelari dan orang yang obesitas alias kelebihan berat badan

Tendonitis Achilles

Peradangan pada tendon Achilles, tendon yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit letaknya berada di atas tumit kaki.

Tendon Achilles ini berfungsi sebagai penopang dari tekanan atas tubuh yang berperan untuk mendukung gerakan berjalan, berlari, dan melompat.

Jika tendon ini mengalami peradangan, akan terasa nyeri pada tumit dan harus segara diobati.

Calcaneal Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, kantong berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan di antara tulang dan tendon. Bursa ini berisi cairan yang bekerja untuk menyerap benturan dan bantalan bagi tulang dan tendon.

Jika terjadi peradangan akan menyebabkan nyeri di daerah tumit dan penderita akan merasakan rasa sakit.

Kaki Datar

Kaki yang datar adalah kondisi di mana lengkungan kaki tidak terbentuk dengan sempurna. Orang yang memiliki kaki datar lebih rentan mengalami sakit tumit daripada orang yang tidak berkaki datar.

Penyembuhan kondisi medis ini harus dilakukan operasi pada tulang telapak kaki.

Arthritis

Peradangan pada sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis dapat meningkatkan risiko plantar fasciitis, salah satu penyebab paling umum dari nyeri tumit.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang menusuk saat berjalan apalagi di pagi hari.

Sindrom Tarsal

Sindrom tarsal adalah kelainan pada tulang-tulang di bagian tengah kaki yang menyebabkan penderita kesulitan berjalan.

Kondisi ini juga akan menyebabkan nyeri tumit kaki jika dibiarkan terlalu lama.

Cedera

Fraktur, terkilir, atau robekan pada ligamen atau tendon di kaki. Bila Anda mengalami cedera segerakan ke dokter spesialis tulang / ortopedi.

BACA JUGA:  Manfaat dan Cara Mengobati Sakit Lutut Dengan Jahe

Lambat laun akan menjadi nyeri tumit kaki jika cedera tidak segera ditangani dengan tepat.

Sepatu yang Tidak Pas

Sepatu yang terlalu sempit, tinggi, atau tidak memiliki penyangga yang baik dapat menyebabkan nyeri tumit kaki.

Selalu gunakan sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda, jangan teralu kekecilan karena sangat berbahaya bagi tumit Anda.

 

Gejala Nyeri Tumit Kaki

Gejala nyeri tumit kaki dapat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa gejala umum sakit pada tumit kaki:

Nyeri Tumit Kaki

  • Rasa sakit di bagian bawah tumit, telapak kaki, atau pergelangan kaki.
  • Nyeri yang lebih parah saat bangun tidur atau setelah duduk lama.
  • Saat berjalan atau berlari, kaki berasa seperti ditusuk jarum.
  • Kaki terasa kaku atau bengkak.
  • Sulit untuk berjalan dengan jari kaki.

 

Kapan Harus ke Dokter Agar Nyeri Tumit Kaki Sembuh?

Jika Anda mengalami nyeri tumit kaki yang parah, memburuk, atau tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, terutama dokter spesialis yang menangani penyakit tulang yaitu orthopedi.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes tambahan, seperti rontgen, MRI, atau USG, untuk mengetahui penyebab nyeri tumit kaki Anda.

Nyeri Tumit Kaki

Pengobatan yang Tepat Nyeri Tumit Kaki

Pengobatan nyeri tumit kaki tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang umum dilakukan:

Nyeri Tumit Kaki

Istirahat

Istirahatlah selama nyeri tumit kaki masih terasa dan hindari aktivitas yang memperparah rasa sakit. Motivasi diri sendiri agar cepat sembuh dengan berpikir positif selama istirahat supaya sakit tumit segera hilang.

Kompres Dingin

Gunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada tumit. Fungsi kompres memang tidak bisa mengobati sakit tumit secara menyeluruh namun bisa meredakan untuk sementara waktu.

BACA JUGA:  Ternyata Tumit Sakit Saat Berjalan Karena Kebiasaan Ini!

Obat Pereda Nyeri

Minumlah obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Untuk meminum atau mengonsumsi obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter ya! Agar dosisnya tepat dan tidak membahayakan bagi tubuh.

Nyeri Tumit Kaki Parah Gunakan Penyangga Kaki

Jika rasa sakit sangat parah, gunakan penyangga kaki, seperti sepatu khusus atau orthosis, untuk menopang lengkungan kaki dan mengurangi tekanan pada tumit.

Fisioterapi

Lakukan fisioterapi untuk memperkuat otot dan tendon di kaki, serta meningkatkan fleksibilitas, agar nyeri tumit kaki lekas sembuh. Untuk fisioterapi ini harus dilakukan secara rutin ya! Jangan sampai abstain atau menunda untuk melakukan fisioterapi.

Suntikan Steroid

Penyuntikan steroid dapat dilakukan untuk meredakan peradangan dan rasa sakit pada tumit Suntikan ini harus dilakukan dengan dokter spesialis agar tidak terjadi penyalahgunaan obat.

Operasi untuk Nyeri Tumit Kaki

Operasi mungkin diperlukan untuk kasus nyeri tumit kaki yang sangat parah atau tidak kunjung membaik dengan pengobatan lain. Tahap ini adalah langkah terakhir dan krusial untuk bisa mengangkat rasa sakit pada tumit pada penderita.

 

Pencegahan Nyeri Tumit Kaki

Berikut beberapa tips dari Ayu Sehat untuk mencegah nyeri tumit kaki:

Nyeri Tumit Kaki

  • Gunakan sepatu yang pas dan nyaman.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga.
  • Hindari aktivitas yang berlebihan.
  • Jaga berat badan ideal.
  • Lakukan latihan peregangan kaki secara rutin.
  • Perkuat otot kaki dengan latihan yang tepat.

Rasa nyeri tumit kaki bukan hanya rasa sakit tumit biasa, tetapi bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika Anda mengalami nyeri tumit kaki, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dengan pengobatan yang tepat, nyeri tumit kaki dapat diatasi dan Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Alvino

Saya adalah seorang pembelajar yang bersemangat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri SEO dan digital marketing dalam kurun waktu 7 tahun.

Alvino has 37 posts and counting. See all posts by Alvino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *