Kesehatan

Jari Tangan Sakit Saat Main Game? Waspadai Penyakit Berikut!

Bagi para gamers, jari tangan sakit saat main game tentu akan sangat mengganggu, apalagi untuk para professional gamers. Rasa sakit pada jari tangan bisa membuat performa bermain game menjadi sangat berkurang.

Nyeri pada jari tangan pada, bisa disebabkan oleh beberapa tanda munculnya penyakit, seperti Carpal Tunnel Syndrome (CTS), Tendonitis, Trigger Finger. Artritis.

Rasa sakit yang timbul biasanya terasa pada bagian sendi, tulang, otot, bahkan di seluruh jari. Untuk para gamers professional, hal ini harus sangat diperhatikan dan diwaspadai.

Penyebab Jari Tangan Sakit Saat Main Game

Nyeri saat main game bisa disebabkan oleh beberapa penyakit dan ini pastinya akan sangat mengganggu untuk para pro-gamers.

Jari Tangan Sakit Saat Main Game

Berikut adalah beberapa penyakit yang jadi penyebab jari tangan sakit saat bermain game:

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) menjadi salah satu penyebab jari tangan sakit saat bermain game. Kondisi ini terjadi akibat tekanan pada saraf median di pergelangan tangan.

Saraf median berfungsi untuk mengontrol pergerakan jari-jari tangan, ibu jari dan setengan bagian telapak tangan bagian atas.

Beberapa gejala yang timbul, seperti nyeri pada jari-jari tangan terutama ibu jari, rasa sakit yang muncul bisa menjalar sampai lengan, kebas di area tangan, kemampuan jari tangan akan berkurang, dan jari tangan akan susah digerakkan.

Tendonitis

Salah satu penyebab jari tangan terasa sakit saat main game adalah Tendonitis, yaitu peradangan pada tendon atau jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang pada jari tangan.

BACA JUGA:  12 Pantangan Makanan Untuk Asam Lambung yang Wajib Dihindari

Peradangan tendon jari ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan berlebihan, gerakan yang berulang, atau cedera jari tangan.

Gejala yang sering dilakukan tidak jauh berbeda, seperti nyeri dan kaku para jari tangan saat bergerak atau ditekan, bengkak, kesulitan menggenggam, serta kemampuan yang melemah.

Trigger Finger

Trigger finger adalah penyebab jari tangan sakit waktu main game yang membuat tangan terasa kaku, nyeri, seperti tersangkut, dan kadang-kadang timbul benjolan kecil di telapak tangan bawah jari.

Penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada tendon fleksor pada jari tangan. Tendon ini berfungsi untuk membantu meluruskan jari.

Saat mengalami peradangan, tendon akan menebal dan tersangkut di selubung tendon, yang mengakibatkan jari tangan kaku dan terasa nyeri.

Arthritis

Penyebab jari tangan sakit saat main berikutnya adalah penyakit artritis yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada tulang rawan. Ada beberapa jenis arthritis yang paling umum menyerang jari tangan:

  1. Osteoarthritis: Arthritis ini paling sering terjadi pada orang dewasa atau yang lebih tua yang disebabkan oleh keausan tulang rawan.
  2. Rheumatoid arthritis: Jenis arthritis ini juga termasuk penyakit autoimun yang menyerang sendi dan menyebabkan kerusakan serius pada sendi. Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri, kaku, bengkak, dan kemerahan pada sendi, terutama di pagi hari.

Sindrom Quervain

Sindrom Quervain menjadi penyebab jari tangan sakit saat bermain game. Kondisi ini membuat tendon pada jempol tangan dan pergelangan tangan terasa sakit dan mengalami pembengkakan.

Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri pada bagian luar pergelangan tangan dan ibu jari, bengkak dan kaku pada pergelangan tangan, rasa baal dan kesemutan, hingga kesulitan mengangkat benda.

Penyebab sindrom ini hampir sama dengan penyakit jari tangan lainnya, seperti gerakan yang berulang pada jari tangan, cedera, dan faktor lainnya.

BACA JUGA:  15 Obat Asam Lambung Alami Dan Resiko Bahaya Obat Medis

Faktor Risiko Jari Tangan Sakit Saat Main Game:

Ada beberapa faktor resiko jari tangan sakit saat bermain game, berikut diantaranya:

  • Durasi bermain game yang lama: Memainkan game dengan durasi waktu yang lama bisa membuat peradangan pada jari tangan. Hal ini karena, jari tangan melakukan gerakan yang selalu sama dalam jangka waktu yang lama.
  • Postur tubuh yang buruk: Postur tubuh saat bermain game juga menjadi fakor resiko, karena postur yang buruk dapat meningkatkan beban disalah satu bagian tubuh.
  • Jenis game yang dimainkan: Jenis game juga menjadi faktor resiko, karena banyak game online saat ini yang sangat kompetitif dan membutuhkan gerakan jari berulang saat memainkannya, seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, dan masih banyak lainnya.
  • Usia: Usia juga menjadi pengaruh utama penyakit CTS dan Arthritis.

Tips Mencegah Jari Tangan Sakit Saat Main Game:

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jari tangan sakit saat bermain game, berikut diantaranya:

  • Mengelola waktu bermain game: Istirahatlah setiap 30-60 menit untuk melakukan peregangan pada jari tangan dan pergelangan tangan.
  • Jaga postur tubuh dengan baik: Duduk tegak dan posisikan tangan dengan nyaman dapat membuat beban pada tubuh merata dan tidak bertumpu pada satu titik.
  • Gunakan controller/joystick yang ergonomis: Jika menggunakan alat bantu seperti controller/joystick, sebaiknya pilihlah dengan sesuai dan nyaman digunakan.
  • Lakukan peregangan dan latihan jari tangan: Lakukan peregangan dan latihan jari tangan dengan rutin untuk menjaga jari tangan tetap fleksibel dan terhindar dari kekakuan.
  • Konsultasikan dengan dokter: Jika tangan terasa sakit saat bermain game terlalu lama, segeralah periksakan dan konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
BACA JUGA:  Perawatan Sindrom De Quervain : Musuh Alami Para Gamers

Dengan mengenali gejala, penyebab, dan faktor risiko jari tangan sakit saat main game, penanganan yang tepat bisa dilakukan untuk proses penyembuhannya. Selalu jaga kesehatan tangan dan pergelangan tangan Anda agar dapat terus menikmati hobi bermain game Anda.

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *