Kesehatan

Perawatan Sindrom De Quervain : Musuh Alami Para Gamers

Sindrom De Quervain atau Quervain Syndrome merupakan salah satu gangguan pada jari tangan yang terasa sakit dan nyeri. Dikenal juga dengan Tenosynovitis De Quervain, merupakan peradangan pada tendon dan selubung tendon pada pergelangan tangan.

Salah satu penyebab sindrom ini adalah aktivitas berulang pada pergelangan atau jari tangan khususnya ibu jari. Gerakan seperti bermain game, chating, menjahit, dan gerakan lain yang memerlukan pengulangan dan jangka waktu lama, perlu mewaspadai sindrom ini.

Kenali Gejala Sindrom De Quervain

Gejala Sindrom De Quervain yang timbul pada umumnya hampir mirip dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) berupa rasa sakit dan nyeri pada pergelangan tangan dan sekitar ibu jari.

Perawatan Sindrom De Quervain : Musuh Alami Para Gamers

Berikut beberapa gejala lain De Quervain Syndrome diantaranya:

  1. Rasa sakit yang terasa, biasanya terjadi saat menggenggam, meremas, atau memutar pergelangan tangan.
  2. Bagian sekitar ibu jari dan pergelangan tangan mengalami bengkak dan kemerahan.
  3. Ibu jari dan pergelangan tangan terasa kaku ketika digerakkan.
  4. Rasa pegal di sekitar pergelangan tangan dan ibu jari.
  5. Rasa sakit yang muncul bisa bertahap atau mendadak.

Gejalanya mungkin terdengar sepele, namun tidak dengan efek sampingnya. Jika terus dibiarkan dan tidak ditangani, rasa sakit bisa menjalar ke lengan dan mengganggu aktivitas.

Penyebab Sindrom De Quervain:

Terdapat beberapa penyebab Sindrom De Quervain, umumnya sindrom ini disebabkan oleh penggunaan ibu jari dan pergelangan tangan yang berlebihan.

Selain itu, beraktivitas yang sama menggunakan pergelangan tangan atau jari terlalu lama juga menjadi salah satu faktor umum penyebab sindrom ini.

Riwayat cedera pergelangan tangan, seperti pernah kecelakaan, terkilir, atau cedera lainnya juga bisa menjadi salah satu penyebab Sindrom De Quervain muncul.

BACA JUGA:  Penyakit Asam Lambung – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Faktor usia dan pengaruh penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis, dan diabetes juga bisa menjadi pemicu gejala penyakit ini muncul.

Gejala penyakit ini kebanyakan juga di derita oleh perempuan, namun bukan berarti laki-laki tidak rentan terkena penyakit tersebut. Banyak pro-gamers laki-laki yang didiagnosis mengalami penyakit ini karena aktivitas yang berlebihan.

Perawatan Sindrom De Quervain

Perawatan sindrom de quervain bertujuan untuk meredakan dan menghilangkan gejala serta mengurangi rasa sakit dan nyeri yang sering timbul.

Hal ini juga sangat berguna mengembalikan fungsi gerak ibu jari dan pergelangan tangan dengan normal. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan:

  1. Istirahatkan tangan setiap 30-60 menit saat bermain game atau melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan berulang pada jempol dan pergelangan tangan.
  2. Melakukan peregangan dan latihan tangan secara rutin.
  3. Gunakan alat bantu yang ergonomis untuk membantu bermain game atau bekerja jika Anda pernah menderita gejala penyakit ini.
  4. Hindari aktivitas berlebih yang dapat memperparah rasa sakit.
  5. Atur posisi duduk dengan tepat dan senyaman mungkin.
  6. Perbanyak minum air piutih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga dapat menghindarkan kambuhnya sindrom de quervain.
  7. Lakukan kompres dingin di area yang sakit selama 15-20 menit beberapa kali sehari.
  8. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan.
  9. Memakai belat atau bidai pergelangan tangan ketika tidur atau saat beraktivitas.
  10. Suntikan kortikosteroid mampu meredakan nyeri dan peradangan secara langsung.
  11. Latihan fisioterapi untuk memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot-otot tangan, dan pergelangan tangan.
  12. Langkah terakhir jika semakin parah adalah dengan melakukan operasi pada area yang nyeri dan sakit.

Dengan mengetahui gejala, penyebab, dan cara perawatan sindrom de quervain, Anda dapat menjaga kesehatan tangan Anda. Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

BACA JUGA:  14 Manfaat Susu Soya Sebagai Pengganti Susu Sapi

Dany

Saya memiliki ketertarikan terhadap dunia digital marketing terutama SEO dan ingin terus mengembangkan ilmu saya di bidang ini.

Dany has 35 posts and counting. See all posts by Dany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *