Kesehatan

Waspada! Penyebab Telat Haid Ini Tidak Boleh Dihiraukan!

Waspadalah, karena penyebab telat haid ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius dan dapat mengganggu organ reproduksi pada wanita.

Sebelum itu, telat haid atau terlambat datang bulan tentu saja membuat cemas. Apalagi jika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Namun, tahukah Anda ternyata telat menstruasi tak selalu berhubungan dengan “momongan?”

Ada beberapa penyebab telat datang bulan yang lebih serius dan tak boleh dihiraukan salah satunya adalah faktor hormon yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi pada wanita dewasa.

 

Apa Saja Penyebab Telat Haid yang Perlu Diwaspadai?

Terlambat datang bulan memang menjadi momok mengerikan bagi setiap wanita, oleh karena itu mari kita bahas beberapa penyebab telat haid yang perlu diwaspadai:

Waspada! Penyebab Telat Haid Ini Tidak Boleh Dihiraukan!

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS):

Gangguan hormonal ini ditandai dengan terbentuknya banyak kista kecil pada indung telur. Gejala umum PCOS selain telat haid adalah pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan kesulitan hamil.

Jika Anda mengalami sindrom ini maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Endometriosis

Jaringan endometrium, yang biasanya melapisi rahim, tumbuh di luar rahim. Ini bisa menimbulkan nyeri panggul saat menstruasi, hubungan seksual, dan buang air besar. Endometriosis juga bisa menjadi penyebab telat haid.

Penyebab Telat Haid Karena Penyakit Tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) atau kurang aktif (hipotiroidisme) dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan menstruasi tidak teratur, termasuk telat haid.

BACA JUGA:  14 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh

Gangguan Fungsi Ovarium

Ovarium memiliki peran penting dalam mengatur siklus menstruasi. Gangguan fungsi ovarium, seperti kekurangan ovulasi (pelepasan sel telur) bisa menyebabkan telat haid bahkan amenorrhea (tidak menstruasi sama sekali).

Penyakit Radang Panggul (PID)

Infeksi pada organ reproduksi wanita ini bisa menimbulkan berbagai gejala, termasuk nyeri panggul, keputihan abnormal, dan telat haid.

 

 

Faktor Lain Penyebab Telat Haid

Selain itu, telat haid juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti:

Waspada! Penyebab Telat Haid Ini Tidak Boleh Dihiraukan!

Stres Berat Penyebab Telat Haid

Stres berpengaruh besar terhadap kesehatan tak terkecuali pada organ reproduksi wanita. Jika stres ini masih dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik bisa mempengaruhi lancar atau tidaknya siklus menstruasi.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan meditasi, berwisata di tempat yang tenang, atau sekedar menghibur diri seperti berbelanja agar stres dapat berkurang.

Penurunan atau Kenaikan Berat Badan Drastis

Baik penaikan atau penurunan berat badan secara cepat dapat menyebabkan terlambat datang bulan. Hal ini dikarenakan hormon dalam tubuh belum bisa menyesuaikan diri sehingga siklus menstruasi pun terganggu.

Apabila Anda sedang diet untuk menurunkan badan, sebaiknya dilakukan secara bertahap dan konsisten, sehingga tubuh bisa menyesuaikan diri dan siklus haid menjadi lancar.

Olahraga Berlebihan

Melakukan kegiatan olahraga memang baik, namun berolahraga secara berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan. Jika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat tubuh akan menjadi kelelahan dan siklus menstruasi bisa terlambat.

Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Menggunakan alat kontrasepsi yang diinjeksikan atau dikonsumsi secara langsung seperti pil KB atau IUD bisa menyebabkan telat haid. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencopot atau berhenti untuk mengonsumsi pil KB secara bertahap agar bisa dengan cepat menstruasi.

BACA JUGA:  Penyakit Asam Lambung – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Terjadi Pembuahan yang Berujung Kehamilan

Apabila Anda aktif secara seksual, kemungkinan besar Anda hamil. Cobalah untuk mengecek kehamilan Anda melalui test pack yang dijual di apotek-apotek terdekat.

Lakukan tes sesaat bangun tidur pagi hari untuk hasil yang lebih akurat.

 

Penyebab Telat Haid yang Penting untuk Anda Ketahui

Diagnosis dini atas penyebab telat haid yang serius sangat penting. Semakin cepat diketahui, maka semakin cepat pula penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Jangan abaikan kondisi telat datang bulan Anda, terutama jika disertai gejala lain seperti nyeri panggul, pendarahan abnormal, atau keputihan yang tidak biasa.

Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti telat haid dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, USG, atau tes lainnya untuk mendiagnosis penyebabnya.

 

Menjaga kesehatan reproduksi adalah hal yang vital bagi wanita. pola makan seimbang, berat badan ideal, olahraga teratur, dan kelola stres dengan baik bisa membantu menjaga siklus menstruasi Anda tetap teratur.

Jangan biarkan penyebab telat haid mengganggu aktivitas Anda! Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Alvino

Saya adalah seorang pembelajar yang bersemangat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri SEO dan digital marketing dalam kurun waktu 7 tahun.

Alvino has 37 posts and counting. See all posts by Alvino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *