Makanan

20 Menu Makanan Sehat Dijamin Ampuh Buat Buka Puasa!

Wah bulan Ramadhan cocok nih, buat Anda yang sedang diet menu makanan sehat dan seimbang. Beberapa resep rekomendasi ini akan menambah menu buka puasa Anda!

Selama bulan suci Ramadhan pastinya kita diharuskan untuk menjaga kesehatan tubuh agar kuat saat menjalankan ibadah puasa.

Salah satu cara kita menjaga daya tahan tubuh saat puasa ialah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang kita konsumsi. Dengan resep menu makanan sehat dan bergizi tinggi juga harus terus terpenuhi.

Bila Anda menyukai menu makanan sehat sederhana namun tetap memiliki nutrisi lengkap juga boleh, bahkan sangat dianjurkan.

Sebelumnya Anda harus membuat daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda

Lalu buatlah daftar menu makan pagi, siang dan malam yang sehat untuk menjaga pola diet Anda secara teratur dan secara totalitas untuk hidup lebih sehat berkesinambungan.

Nah untuk selanjutnya jangan hanya melihat gambar menu makanan sehat tapi lihat juga resep apa yang ada dalam menu tersebut. Buatlah sesuai dengan instruksi yang ada di artikel ini yah

Sebelum membahas 20 makanan sehat bawah ini, penting bagi Anda bahwa menu di artikel ini hanya rekomendasi semata. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan menu yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

BACA JUGA:  Asam Folat untuk Ibu Hamil : Rahasia Kesehatan Ibu dan Bayi

10 Menu Makanan Sehat Untuk Semua Kalangan

Makanan sehat utama ialah kurma

Kurma adalah makanan yang disunahkan untuk berbuka puasa. Kurma kaya akan serat, gula alami, dan vitamin yang dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Sekaligus untuk mencegah sakit pada lambung

Air putih

Air putih sangat penting untuk mengisi kembali hidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Minumlah air putih minimal 2 gelas saat berbuka puasa.

Es timun melon

Es timun melon adalah minuman yang segar dan menyehatkan. Timun dan melon kaya akan air dan vitamin yang dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik.

Rolade tahu

Rolade tahu adalah makanan yang bergizi dan mengenyangkan. Tahu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan wortel dan kentang kaya akan vitamin dan mineral.

Salad buah

Salad buah adalah makanan yang segar dan menyehatkan. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu tubuh tetap sehat.

Pepes ayam

Pepes ayam adalah makanan yang lezat dan bergizi. Ayam kaya akan protein, sedangkan daun pisang kaya akan antioksidan.

Sup ayam kampung

Sup ayam kampung adalah makanan yang hangat dan menyehatkan. Ayam kampung kaya akan protein dan kalsium, sedangkan wortel dan kentang kaya akan vitamin dan mineral.

Nasi goreng menu makanan sehat yang populer

Nasi goreng adalah merupakan menu makanan sehat yang populer, lezat, dan mengenyangkan. Menu ini mengandung kaya akan karbohidrat, protein, dan vitamin.

Mie goreng

Mie goreng adalah makanan yang lezat dan mengenyangkan. Kandungan dalam menu ini kaya akan karbo dan perotein.

Kolak pisang

Kolak pisang adalah makanan yang lezat dan manis. Pisang kaya akan kalium, sedangkan santan kaya akan vitamin dan mineral.

BACA JUGA:  Tetap Fit! Menu Diet Sehat yang Low Budget

Anda juga bisa menambahkan makanan lain seperti tempe goreng, tahu goreng, bakwan sayur, dan risoles.

10 Menu Makanan Sehat Khusus Untuk Para Vegetarian

Berikut 10 pilihan menu makanan vegetarian yang lezat dan menyehatkan:

Gado-gado

Salad khas Indonesia ini berisi campuran sayuran rebus atau kukus seperti kacang panjang, buncis, kol, jagung, dan labu siam, disajikan dengan tahu dan tempe goreng, telur rebus (opsional untuk vegetarian), saus kacang, dan nasi. Ini adalah makanan lengkap yang bergizi dan mengenyangkan.

Sup Lentil

Sup yang hangat dan kaya protein ini merupakan sumber serat dan nutrisi penting yang baik. Anda bisa menambahkan sayuran favorit seperti wortel, seledri, dan kentang, serta dibumbui dengan jinten, ketumbar, dan kunyit.

Sup Minestrone

Sup klasik Italia ini biasanya dibuat dengan sayuran, pasta, dan kacang-kacangan. Anda dapat dengan mudah membuat versi vegetarian dengan menggunakan kaldu sayuran dan menghilangkan dagingnya. Ada banyak variasi minestrone, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan selera Anda.

Buddha Bowl

Hidangan trendi ini adalah cara yang tepat untuk mendapatkan berbagai nutrisi dalam satu mangkuk. Anda bisa mulai dengan dasar quinoa atau beras merah, kemudian tambahkan sayuran panggang favorit, kacang arab, alpukat, kimchi, dan sedikit saus tahini.

Tumis Sayur Sebagai menu makanan sehat vegetarian

Ini adalah makanan cepat dan mudah yang cocok untuk malam minggu yang sibuk. Anda bisa menggunakan kombinasi sayuran apa saja yang Anda suka, seperti brokoli, wortel, paprika, dan bawang bombay. Sajikan di atas nasi atau mie untuk makanan lengkap.

Cabai Vegetarian

Cabai yang mengenyangkan ini cocok untuk hari musim dingin yang dingin. Isinya penuh dengan kacang merah, jagung, tomat, dan rempah-rempah. Anda juga bisa menambahkan sayuran lain seperti paprika, zucchini, dan jamur. Lengkapi dengan irisan alpukat, krim asam, dan bawang bombay cincang untuk menambah rasa dan tekstur.

BACA JUGA:  Gak Mahal! 7 Menu Makanan Sehat dan Bergizi dalam Seminggu

Paprika Isi

Paprika adalah wadah yang bagus untuk semua jenis isian yang lezat. Anda bisa mengisinya dengan campuran quinoa, kacang hitam, jagung, dan salsa, atau mencoba isian lentil dan jamur.

Kari Sayuran

Kari adalah cara yang bagus untuk menambah rasa dan variasi pada makanan vegetarian Anda. Ada banyak jenis kari dari seluruh dunia, jadi Anda bisa menemukan yang sesuai dengan selera Anda. Cobalah kari hijau Thailand dengan sayuran dan tahu, atau kari kacang India.

Burger Vegetarian

Burger vegetarian telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang ada banyak pilihan yang lezat dan mengenyangkan yang tersedia di sebagian besar toko bahan makanan. Anda juga bisa membuat burger vegetarian sendiri di rumah menggunakan kacang-kacangan, lentil, sayuran, dan rempah-rempah.

Tahu orak-arik

Menu makanan sehat ini adalah alternatif vegetarian yang bagus untuk telur orak-arik. Cukup hancurkan tahu padat dan masak dalam wajan dengan sayuran dan rempah-rempah favorit Anda. Sajikan di atas roti panggang dengan irisan alpukat untuk hidangan yang lengkap dan lezat.

Ini hanyalah beberapa ide untuk Anda mulai. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat dengan mudah membuat makanan vegetarian yang lezat dan sehat yang akan dinikmati seluruh keluarga Anda.

Alvino

Saya adalah seorang pembelajar yang bersemangat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri SEO dan digital marketing dalam kurun waktu 7 tahun.

Alvino has 37 posts and counting. See all posts by Alvino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *