Makanan

Tetap Fit! Menu Diet Sehat yang Low Budget

Menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengatur pola makan dari menu diet sehat memang penting untuk mencapai tubuh ideal dan bugar.

Akan tetapi, diet sehat seringkali dianggap sebagai makanan mahal dan ribet. Banyak yang mengatakan lebih baik makan makanan yang biasa dan mengenyangkan daripada harus diet dengan makanan yang mahal dan merepotkan.

Tenang saja, karena anggapan itu salah! Ada banyak kok menu makanan sehat dengan low budget alias ramah di kantong namun bernutrisi tinggi. Sehingga kamu bisa diet dan jauh lebih sehat.

Daftar Menu Diet Sehat Low Budget yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Jangan khawatir dengan harga! Karena menu diet sehat yang Ayu Sehat buat ini sangat ramah di kantong dan mudah sekali di buat di rumah. Berikut daftarnya:

Tetap Fit! Menu Diet Sehat yang Low Budget

Sarapan yang Sehat dan Mengenyangkan

Sarapan adalah waktu yang pas untuk memulai hari penuh dengan energi. Pilihlah menu diet sehat seminggu untuk sarapan yang mengandung banyak serat, protein, dan nutrisi penting lain.

Contohnya adalah oatmeal, buah-buahan, atau sekedar memakan roti dan susu. Oatmeal ini sangat kaya akan serat dan dapat membantu menjaga kenyang lebih lama, sementara buah-buahan memberikan asupan vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Adapun contoh menu yang bisa kamu coba atau kreasikan adalah:

  • Oatmeal dengan buah dan kacang
  • Telur rebus dengan roti gandum
  • Smoothie yogurt dengan buah dan sayur
BACA JUGA:  Terbukti! 8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Makan Siang dengan Menu Diet Sehat

Nah, saat makan siang merupakan kesempatan untuk mengisi ulang energi kamu dan mempersiapkan diri untuk sisa hari yang produktif. Pilihlah menu diet sehat yang seimbang dengan kandungan karbohidrat kompleks, protein, dan zat besi.

Misalnya, tumis kangkung dan daging ayam tanpa lemak. Tumis kangkung mengandung banyak karbohidrat kompleks, serat, dan zat besi. Sementara ayam tanpa lemak memiliki kandungan protein yang penting untuk tubuh.

Contoh lain menu makan siang yang bisa kamu terapkan antara lain:

  • Tumis kangkung dengan tempe orek
  • Salad sayur dengan dada ayam panggang
  • Sup sayur dengan kacang panjang atau kacang merah

Makan Malam Ringan dan Bergizi

Meskipun makan malam cenderung lebih ringan dari makan siang, bukan berati kekurangan nutrisi, dong! Untuk dinner memang gak harus makan makanan berat, namun tetap memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Contohnya adalah borokoli kukus atau bunga kol kukus tergantung budget yang kalian miliki. Yang terpenting adalah menu diet sehat seminggu yang seimbang dengan biaya yang minim.

Kamu juga bisa menggunakan menu makan malam ini:

  • Tumis jamur tiram dan ubi jalar kukus
  • Tumis tahu dan tempe dengan pisang
  • Salad buah dengan yogurt atau susu rendah lemak

Camilan Sehat untuk Mengatasi Rasa Lapar

Terkadang, kamu mungkin merasa lapar di antara waktu makan utama. Hindarilah camilan yang tinggi gula dan lemak jenuh, dan pilihlah camilan yang sesuai dengan menu sehat diet dan mengenyangkan. Camilan ini juga bisa kamu konsumsi sebagai menu makanan sehat seminggu

Beberapa contoh camilan sehat termasuk potongan buah-buahan segar, yogurt Yunani rendah lemak, atau kacang panggang tanpa garam.

BACA JUGA:  10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit Mencegah DBD

Minuman yang Menyegarkan dan Berkhasiat

Selain memilih makanan yang sehat, pastikan juga kamu minuman. Hindari minuman beralkohol dan minuman manis yang tinggi gula.

Sebagai gantinya, pilihlah air putih, teh herbal, atau infused water dengan potongan buah-buahan segar untuk memberikan rasa yang menyegarkan.

 

Tips Hemat Membuat Menu Diet Sehat

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk hemat saat berbelanja kebutuhan menu diet sehat seminggu kamu:

  • Belanjalah bahan makanan di pasar tradisional: Biasanya harga bahan makanan di pasar tradisional lebih murah dibandingkan di supermarket.
  • Belilah bahan makanan dalam jumlah besar: Jika memungkinkan, belilah bahan makanan dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Olah bahan makanan sendiri: Mengolah bahan makanan sendiri lebih hemat dibandingkan membeli makanan siap saji.
  • Manfaatkan sisa makanan: Sisa makanan bisa diolah menjadi hidangan baru yang berbeda. Namun pastikan sisa makanan tersebut masih higienis dan segar ya!

Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memasak menu sehat diet dengan budget ramah kantong. Ingatlah untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan perbanyak minum air putih.

Diet sehat bukan berarti harus mahal dan ribet. Yuk, mulai gaya hidup baru dengan menu diet sehat low budget ini!

Alvino

Saya adalah seorang pembelajar yang bersemangat dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri SEO dan digital marketing dalam kurun waktu 7 tahun.

Alvino has 37 posts and counting. See all posts by Alvino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *